Wednesday, January 13, 2010

Kenalan sama Sperma yuks... :-)

Hari ini menghabiskan waktu istirahat (dan sedikit nyolong2 waktu kerja hehehe) dengan browsing2 artikel2 kesehatan dan baca forum2 kehamilan, gw menemukan artikel yang bagus banget, soal sperma...loh kok sperma?? Ya iyalah, soalnya klo mau punya anak itu kan butuh kerjasama dari suami dan istri, jadi selain kondisi organ2 reproduksi wanita harus sehat, yang prianya juga dong. Dan Sperma ini kayanya hal terpenting deh dari reproduksi laki2…karena seberapapun sehatnya organ reproduksi wanita klo Spermanya gak sehat ya gak bakal berhasil tuh…bener kan??



Sering banget deh klo pasangan suami istri itu belum dikasih keturunan yang dijadiin objek kesalahan adalah pihak wanita, padahal ya berdasarkan survey 49% penyebab infertil/ketidaksuburan itu disebabkan oleh pihak laki2…well…tidak adil ya??

Tapi jangan salah…berdasarkan sharing orang2 dan teman2 saya ternyata tidak semua pria itu mau loh di test sperma…bahkan ada yg pake berantem segala tapi gak juga berhasil mengajak suaminya buat test sperma…ya mungkin ini terkait dengan Harga Diri Laki2 kali ya…Egois banget ya…padahal klo para laki2 tau betapa pentingnya test suami istri itu pasti gak bakal ada deh tuh namanya berantem2an segala, justru bias mempercepat hasil in case salah satu atau dua2nya ada masalah jadi kan bisa dideteksi lebih dini dan bisa diobatin barengan.



Ok sekarang saya akan membagi apa yang saya dapatkan dari hasil browisng2an tadi siang…agak berat sedikit, tapi insya allah akan membantu para suami istri yang sedang merencanakan kehamilan seperti saya ini (mohon maaf jika bahasanya rada2 vulgar…hehehe)




Apa sih Sperma itu? Sperma adalah sel dari system reproduksi laki-laki. Sperma dihasilkan oleh buah zakar (testis), jika seorang pria mengalami ejakulasi maka ia akan mengeluarkan satu ejakulat cairan yang disebut semen nah didalam semen itu terdapat sel sperma (Inget loh…sperma itu bentuknya sel, jadi ga bisa dilihat kasat mata karena ukurannya yg kecil buanget, aku kirain tuh sperma itu yang warnanya putih…ternyata itu namanya semen tokh hehehe).



Kualitas sperma ditentukan oleh banyak factor, antara lain  :



  1. Volume (jumlah) (ini yang paling penting). Normalnya sekali keluar tuh sebanyak 2 sampai 6 ml, jadi dalam satu ejakulasi terkandung minimal 20 juta ekor spermatozoa per-mililiternya. Klo minimal 2ml per-ejakulasi berarti dibutuhkan minimal 20 juta ekor sperma agar terjadi pembuahan
  2. Gerak Sperma. Ada 4 macam gerakan yaitu : gerak lurus cepat, gerak lurus lambat, gerak ditempat, dan tidak bergerak. Yang dibutuhkan untuk pembuahan adalah yang geraknya lurus cepat dan gerak lurus lambat, total keduanya harus berjumlah minimal 50% dari keseluruhan sperma yang keluar.
  3. Bentuk. Sperma juga harus memiliki bentuk normal agar bisa dengan mudah masuk kedalam indung telur (CMIIW), minimal 30% dari total sperma. Sisanya yang bentuknya tidak normal dan tidak punya gerak bagus akan keluar lagi bersama semen. (nah ini nih yang suka keluar lagi klo habis berhubungan…)


Kelainan pada Sperma :

  1. Normozoospermia : Jumlah sel spermanya normal, geraknya normal
  2. Oligozoospermia : Jumlah sel spermanya kurang
  3. Ashtenozoozpermia : Jumlah sperma yang bergerak normal kurang.
  4. teratozoospermia : Klo bentuk sel spermanya kurang
  5. Oligaosthenoterazoospermia : KLo jumlah, gerak dan bentuknya kurang


Gangguan kesuburan pria yang berhubungan dengan sperma dapat disebabkan oleh :

  1. Gangguan Pabrik Sperma / testis. Testi akan memproduksi sperma-sperma yang baik bila temperaturnya lebih rendah daripada suhu tubuh.
  2. kebiasaan menggunakan celana yang ketat (better sih pake Boxer aja kali ya..hehehe)
  3. berada pada tempat yang bersuhu tinggi misalnya deket kompor, mesin dsb (jangan mandi menggunakan air hangat apalagi berendam… Big No..No..)
  4. Penyakit. Bisa karena penyakit biasa atau penyakit bawaan. Yang paling sering sih pelebaran pembuluh darah balik disekitar testis yang disebut varicocel atau kantung pelir terlalu tebal akibat peradangan kulit sehingga suhu yang seharusnya dingin karena ventilasi jadi lebih panas.
  5. gangguan hormon. Klo hormonnya tidak sempurna pasti akan terjadi gangguan. Bisa juga pada salurannya tersumbat atau terinfeksi, sperma tidak akan bisa keluar.






Begitu baca artikel2 tadi gw jadi agak paham ternyata “bikin anak” itu gak segampang yang gw pikirkan. Bener2 butuh kerjasama dari suami maupun istri. Yang diatas itu adalah salah satu1 permasalahan yang menyebabkan pasangan belum dikaruniai keturunan.



Ayoo…buat yang lagi program…monggo atuh suaminya diikut sertakan juga…klo suaminya gak mau diseret aja…dibawa langsung ke lab hehehe….(bercanda kok ….hehehe)



Pesan moralnya Buat pasangan yang cepet dikasih momongan, sungguh bersykurlah karena tidak semua orang bisa seberuntung itu. Buat yang masih berusaha (seperti saya, Memang butuh perjuangan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, jangan pernah menyerah, dan tetap semangat. Karena satu hal yang aku yakini bahwa Jodoh, rejeki, hidup, dan mati itu adalah Rahasia Allah. Jika saat ini kita belum dikasih kepercayaan, pasti Tuhan punya rencana indah buat kita….dan semua akan indah pada waktunya Tuhan maha tahu yang terbaik untuk umat-Nya. Amin.

No comments: