Thursday, January 21, 2010

Pengalaman di HSG...


Buat yang lg program kehamilan dan pernah berkunjung ke SPOG pasti pernah disarankan oleh dokter untuk HSG, saya pun begitu. setelah USG trans V saya dinyatakan bersih (alhamdulillah....) namun saya tak kunjung juga hamil, maka dokter SPOG saya yaitu Dr.NK. Yenni Dhanasari menyarankan saya untuk HSG. pertama disaranin sih saya santai aja...belom kebayang sama sekali soal HSG, diapain aja..prosesnya gimana..semuanya msh blank..
biasanya klo saya menemukan kebuntuan kaya gitu, pelampiasan saya adalah tanya mbah google...cari info sebanyak2nya soal HSG. Tapi akibat terlalu getolnya mencari informasi soal HSG ini saya jadi ketakutan sendiri....dan sepertinya bukan saya sendiri yang merasa ketakutan setengah mati dengan proses HSG ini, banyak calon bunda yg juga merasakan ketakutan seperti yang saya alami. baca diforum2 yang sudah pernah HSG itu cerita klo HSG itu menyeramkan, sakit luar biasa, pendarahan...dsb dan itu bener2 bikin aku semakin takut.
Jadi HSG (Hysterosalphingography) adalah prosedur pemeriksaan radiologi (menggunakan sinar x-ray) untuk mengevaluasi kondisi rahim dan saluran tuba. melalui kombinasi antara teknologi sinar-x dan cairan kontras yang dimasukkan ke dalam saluran reproduksi wanita. Tahapan pertama adalah akan diperkenalkan alat yang dinamakan spekulum atau 'cocor bebek' yang akan membantu membuka vagina wanita sehingga serviks atau mulut rahim terpampang. Selanjutnya, serviks akan didisinfeksi (umumnya oleh iodine) dan kemudian serviks akan digenggam oleh alat untuk mempertahankan posisinya. Anda akan merasakan sensasi seperti ditusuk.
Ngga heran deh klo aku harus mengumpulkan nyali berbulan2 sampai akhirnya kemarin aku memutuskan untuk HSG (Dilaksanakan Hari ke 9 dari Hari Pertama Haid Terakhir). itu pun beberapa hari sebelumnya perasaan takut itu semakin menggila..sampe tidur pun jadi gak tenang...asli deh stress banget ngebayanginnya. But show must go on...nekat aja lah...tokh klo ga nekat begini rasanya sampe kapanpun nyali gw ga bakal kekumpul..
Sampe rumah sakit, dokter radiologinya udh dateng. dan saya disuruh siap2...ganti baju dan disuruh berbaring diruangan radiology...perasaan gw waktu itu campur aduk, antara stress, takut, tegang semuanya campur jadi satu, untuk suster dan dokternya baik banget dan berusaha menenangkan diri saya yg udh pucet duluan...hahaha. dokternya bilang klo kita tegang malah akan menyulitkan proses HSG dan rasa sakitnya akan lebih besar..jadi rileks aja. Siap dok...saya akan rileks walauapun hati ini takut setengah mati.
Ya...saatnya HSG dimulai. Dokter mulai memakai peralatan perangnya..dan susterpun sibuk dengan segala macam perkakas kedokterannya....dan saya akan menjadi korbannya...hahahaha. saya berusaha tidak mau melihat dokter dan suster yang lg sibuk, karena menurut saya akan membuat saya menjadi semakin takut, jadi saya memalingkan wajah saya dan saya pasrah..terserah dokter deh saya mau diapain.
Dokter mulai deh mengoprek2 onderdil saya ini, saya berusaha menenangkan diri saya...saya cuma merasakan sedikit rasa mules, kaya mau haid aja sih..so far msh bs ditahan, krn mulesnya juga ga gitu kerasa kok. dan alhamdulillah sampe selesai HSG saya tidak mengalami kejadian2a menakutkan seperti yg pernah saya baca di milis2. Tidak terjadi pendarahan, tidak ada rasa mules yg gimana2, gak sakit...jadi abis HSG pun saya masih bisa jalan2 ke mall...hahaha
hasil HSGnya pun langsung jadi..dan alhamdulillah tidak ada sumbatan maupun keaneh2an pada saluran tuba saya, hanya saja bentuk rahim saya agak kebelakang jadi membutuhkan sperma yg sangat kuat buat bs menembus sel telus...dan dokter kasih tips supaya saya pake gaya Doggy Style aja...Siaapppp Dok...klo cuma DS mah akan saya laksanakan...hehehe
Jadi ya...buat temen2 yang akan melaksanakan HSG nih jangan takut ya...karena gak seseram yg dibayangin kok...klo kita tenang insya allah prosesnya juga akan mudah dan akibat yg ditimbulkan juga bisa diminimalisasi. Oh iya,,, jangan lupa bawa pembalut ya soalnya setelah HSG takut ada cairan kontras yg tumpah...
Biaya HSG di RS. Hermina Tangerang Rp. 750.000
Tahapan kedua, menggunakan alat yang lain, cairan kontras khusus dimasukkan melalui serviks ke dalam rahim. Ketika tekanan ditingkatkan, cairan akan berjalan dari rahim ke saluran tuba dan masuk ke rongga perut. Cairan ini akan membantu untuk memperlihatkan bentuk dan struktur dari rongga rahim dan memperlihatkan apakah saluran tuba terbuka atau tertutup.
Terkadang, dapat terjadi efek samping HSG seperti keram, perdarahan vagina, atau pusing dan pingsan. Untuk mengatasinya, dapat diberikan antibiotik sebelum prosedur dilakukan untuk mencegah infeksi dan Anda juga disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri yang akan mengurangi keram yang mungkin terjadi.

2 comments:

Anonymous said...

hai mba.. aku membaca blog dirimu karena aku lg cari2 info efek sesudah HSg krn aku mules bgt..
sedikit sharing, aku baruuuu aja krmn sore di HSG dan yg lbh parah, aku baru tau apa itu HSG pas lg nulis surat pernyataan di ruang pendaftaran radiologi'nya.. mendadak STRESS hehehehehhehehe.. tapi setelah dijalanin ga seserem itu jg ya mba.. emang awalnya takut ngeliat peralatan dokternya yg besi2 itu bunyi klontang-klonting ditambah suster 3 org plus dokter jadi ada 4 org disitu (mana suami terlambat dtg jd dia ga liat proses itu semua). Udah gitu aku 2x ganti alat karna mulut rahim aku agak melengkung katanya (double stress euy).. Intinya kalo kita relax (try to be relax tepatnya heheh) ga akan terasa sakit. bagi2 info, aku HSG di RS Bunda - Menteng biayanya Rp. 1.020.000,- *Veronica*

Unknown said...

Mbak mau nanya... Klo hsg di RS hermina tangerang ditangan dokter cewek apa cowok ya mbk?