Tuesday, April 13, 2010

memilih dokter kandungan....

kebingungan yang sering dialami oleh wanita yang baru tahu kalau dirinya hamil (khususnya kehamilan pertama ya) adalah memilih dokter kandungan, karena saya juga pernah mengalami kebingungan yang sama.
sebenernya memilih dokter kandungan itu gampang2 susah sih...apalagi klo ini adalah kehamilan pertama pasti masih blank banget musti milih dokter siapa, rs mana...??karena pastinya kita mau dokter yang terbaik dong ya yang menangani kehamilan kita...istilahnya hidup atau mati kita dan baby akan sepenuhnya bergantung sama dokter ini (tapi tetep loh Tuhan yang menentukan ) jadi pilihlah dokter dengan bijaksana...hahaha *gaya banget bahasanya :p*

selama 10 minggu saya hamil saya pernah konsultasi ke 4 dokter, 3 perempuan dan 1 laki2. dari ke 4 dokter tsb ada 1 dokter yang sangat menyebalkan. saya ngga mau nyebut nama deh, ntar saya dituntut lagi hehehe...
jadi saya kedokter ini tuh pas saya baru tahu kalau saya positif, kebetulan dokter kandungan langganan saya waktu itu lg berhalangan praktek jd saya pilih deh salah satu dokter disana yang jadwal prakteknya paling banyak dengan maksud dokter ini bisa saya jadikan dokter cadangan kalau2 dokter kandungan saya berhalangan praktek. kesan pertama dengan dokter ini udh jelek, penampilannya berantakan, slebor dan ngomongnya ceplas ceplos, udh gitu diperparah dengan bahasa yang dipakai dokter itu ngga banget deh, bikin pasiennya shock, stress. masa ya pas dia usg tranvaginal saya sambil nyanyi2 lagu titanic...omg dia ngga liat apa pasiennya lg ketakutan krn ada benda yg dimasukkan ke dalam kemaluannya dan dia dengan santainya bersenandung...*minta digampar banget*, udh gitu cara dia menyampaikan diagnosa juga kata2nya bikin pasien stress. masa saya yang cuma batuk2 (diawal kehamilan batuk hal yg wajar) eh dia kasih saya antibiotik, udh gitu ya klo dlm 3 hari saya msh batuk saya disuruh konsul ke dokter spesialis paru2...*gubraakkk...* rasanya saya pengen cepet2 keluar dari ruangan itu, dan dokter itu bener2 saya masukkan dalam daftar hitam hahaha...



nah berhubung saya pernah hamil dan pernah punya pengalaman beberapa kali konsultasi ke dokter kandungan jd saya mau sedikit sharing gimana caranya memilih dokter yang ok (ini berdasarkan pengalaman saya loh....klo ada yg ngga sependapat ya maaf deh :P).
  1. tentukan dahulu dimana kehamilannya akan diperiksa, bisa di rs, klinik, atau bidan. usahakan cari rs, klinik atau bidan yang dekat dari tempat tinggal ya. ini penting nih karena kalo ada hal-2 yang darurat bisa dengan segera ditangani.
  2. cari tahu dokter kandungan atau bidan yang praktek ditempat tsb. biasanya RS, Klinik atau Bidan tuh menyediakan list/brosur nama-2 dokter yang praktek ditempat itu.
  3. cari dokter yang jam prakteknya paling banyak, kalau bisa dokter tsb praktik setiap hari dan jam prakteknya juga sesuai dengan waktu kita. kadang2 ada dokter yang praktek beberapa kali dalam satu hari (pagi dan malam atau siang dan malam). saya punya pengalaman pada saat saya sakit flu berat dokter saya tidak sedang praktek...dan kalaupun praktek jamnya bentrok dengan jam saya kerja :-(.
  4. cari tahu reputasi dokter tersebut, usahakan dokter tsb pro ASIX dan pro normal. bisa dicari tahu melalui google, tanya teman, kerabat atau bisa juga tanya suster di RS, Klinik atau bidan tsb.
  5. cari dokter yang sabar, ramah, baik, tidak terburu2 kalau memeriksa mau menjawab setiap pertanyaan pasien dengan sejelas-2nya.
  6. Cari dokter yang mau membrikan no handphone pribadinya, bisa konsultasi jika ada hal2 yang darurat. oh iya, ngga semua dokter loh mau memberikan no handphonenya.
  7. Gunakan feeling anda. bener loh...milih dokter tuh ternyata perlu pake hati, bener2 pilih yang kita merasa nyaman. soal gender sih buat saya sama aja dokter cewe atau cowo ya (saya dan suami tidak sefanatik itu kok :p) yang penting dokternya musti memenuhi kriteria saya diatas. oh iya dokter saya yang skrg tuh cowo dan alhamdulillah saya cocok dengan dokter yg skrg. mau tau bedanya apa dokter cewe atau cowo??(maaf ya bukan bermaksud meremehkan gender, ngga sama sekali kok )klo dokter cewe suka pake perasaan, jd kalo ada kasus yang membutuhkan tindakan cepat suka agak lama mikirnya...hehehe. ini menurut saya loh...klo ngga suka ya terserah wekekek....
mudah2an apa yang saya sharing disini bisa berguna ya buat para Ibu hamil yang lagi kebingungan cari dokter kandungan :-). kalo ada yang mau ditambahkan silahkan ya... :-)

2 comments:

Zainal said...

hallo mbk....
aq juga pernah punya pengalaman ng enak sama dr kandungan,waktu hamil anak ke 2 aq bingung cari drnya.ya udah lah yang penting RS deket rumah,waktu pertama kali dipriksa aja aq udah ngrasa kok gini ya,masak kita dateng bukannya di tanya dulu apa keluhannya ee.. langsung disuruh priksa/usg trus dia cuman bilang bagus...bagus semuanya bagus cuman gitu doang trus kembali tgl sekian ..,apa ng jutek banget tu.tapi lain kalo sama drq yg waktu hamil ke 1,drnya eeenak bangeT pokoknya TOP dech namamya dr yuslam prakteknya di RSPI kalo mau priksa disana dijamin deh ng bakalan nyesel,tapi ng tau beliau masih di sana ng ya?semoga bisa membantu.. :D

Dian Wisnu Aji said...

makasih byk ya infonya, tapi RSPI jauh bgt dr rumahku hehehe