Wednesday, April 21, 2010

Make over rumah Part 2

Beneran deh baru berasa banget repotnya renovasi rumah, padahal cuma renovasi kecil2an aja. Dulu waktu masih single dan masih tinggal numpang sama orang tua, klo ada renovasi dirumah saya cuma ongkang2 kaki aja, ngga mau tau deh soal dunia pertukangan, palingan juga kontribusinya cuma milih warna cat itupun untuk cat kamar saya saja hahaha...eh iya sama bikin kopi deng buat abang2nya hehehe. paling kalo udh mulai berisik saya tinggal pergi aja...sukur2 pas waktu kuliah atau kerja jadi ngga ngerasain repot hehehe.

nah sekarang udh tinggal dirumah sendiri, semua tanggung jawab musti dipegang sendiri. apalagi suami kerja jadilah saya yang harus mengontrol semuanya *sigh*. ternyata tidak seperti yang saya bayangkan, renovasi rumah itu sangat sangat bikin repot dan pusing kepala ya. gimana ngga coba, make over nya udh jauh dari planning....merembet kemana2 gitu deh, ampun dah. jadi pas kmrn rumah bagian dalem dicat ternyata kusen pintu udh jelek banget dan udh keropos, bukan dimakan rayap tapi dimakan semut. semut dirumah saya memang ganas2 deh...sampe bisa menghancurkan kayu2 dirumah saya :-(. ya udh karena memang "butuh dan harus diganti" jadilah saya pesen tuh kusen pintu depan. eh pas dicek bebicek ternyata kusen jendelanya ternyata tidak lebih baik dari kusen pintu alias lebih parah..kronis deh dah mau ngga mau juga harus, kudu, wajib diganti juga. haduh-haduh...yang kaya gini nih yang ngga diplanning tau2 membuat bengkak budget. belum selesai sampai disitu, dinding tempat cuci baju dibelakang juga ternyata berlumut...jadi walaupun di cat pasti akan tetap berlumut karena tempatnya lembab. jadi jalan keluarnya adalah menggantinya dengan keramik. setelah dipikir2 dari pada nanti bulak balik ngecat lagi, ya sudahlah kami ganti saja dengan keramik, dan sukses deh bikin budget tambah membengkak.



emang bener ya, klo mau renovasi tuh kita harus menyediakan budget 30% lebih besar dari perkiraan, karena ya itu pasti ada aja deh yang tiba2 harus diganti, yang harus dibenerin dsb. dan harga materialnya juga ternyata muahal ya, saya baru tau loh klo harga cat itu muahal ternyata, dan buat ngecat dinding itu bukan cuma cat aja yang dibutuhin tapi juga harus ada cat lapisannya juga, dan harganya juga lumayan loh. trus cat dinding dalem sama luar itu beda...klo dinding luar harus yang watershield karena akan lebih sering terkena perubahan cuaca, dan biasanya harganya lebih mahal dibanding buat yang didalem.itu baru urusan cat, belum lagi urusan keramik, semen, pasir...tambah pusing kepala deh saya.

trus pas ngecat didalam rumah tuh ya barang2 musti dipindahin dulu, trus diberesin lagi. trus juga saya harus menyiapkan snack, kopi sama makan siang tukang2 itu *perjanjiannya memang makan saya yang menyiapkan* jadi mau ngga mau setiap hari saya harus masak. belum lagi lantai yang keliatan kotor, perabot berantakan...ampuuuuunnnn ngga pernah nyangka deh bakal serepot ini. tapi rasa capek2 itu terbayar deh dengan liat hasilnya, emang sih progressnya baru 50%, tapi so far saya suka sekali dengan rumah saya ini, jadi keliatan adem soalnya warna catnya dominan sama warna "mocca". jadi penasaran klo udh dipasang kanopi jadi kaya apa ya??

No comments: