Sunday, October 25, 2009

Bikin Passport

Berhubung hari ini dikantor lg libur tuker hari, jadi gw manfaatin deh buat bikin passport. Well sebenernya sih gw lom ada rencana buat ke luar negeri, Cuma berhubung suami kerja dimaskapai asing dan mobilitas buat ke luar negerinya lumayan tinggi, jadi siapa tau nanti klo suami tugas ke luar gw bisa ikut hehehe....*ngareeppp mode on :P


Sebenernya sih klo gak mau report bikin passport bisa melalui agent atau calo...tapi tau sendirilah klo pake pihak ke tiga itu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar. Nah buat menghemat biaya dan kebetulan lagi libur jadi ya gw coba deh bikin passport ini sendiri tanpa bantuan dari pihak ketiga alias calo.

Dulu sepengetahuan gw tuh bikin passport musti dikantor imigrasi daerah tempat tinggal kita wihich is KTP gw msh warga bekasi ya bikin passportnya musti ke Karawang....fiiuuhhh jauh amat yak. Tapi kata suamiku bikin passport bisa dibandara Soekarno Hatta kok....alhamdulillah, soalnya rumahku ini kan skrg deket banget sama bandara tuh, jadi ga perlu jauh2 deh buat ngurusnya walaupun KTP gw tetep warga Bekasi...dan bagusnya lagi nih buat ngurusnya gak perlu antri panjang2 seperti dikantor imigrasi yang laen, dan itu sudah saya buktikan hari ini, antriannya gak panjang dan cepet .

Buat yang mau bikin passport, persyaratan yang harus dilengkapi antara lain :

1. Mengisi formulir aplikasi

2. KTP

3. Kartu keluarga

4. Akta kelahiran

5. Ijasah

6. Buku Nikah istri/Suami

7. Surat pengantar perusahaan (klo status di KTPnya karyawan)

buat lengkapnya soal persyaratan pengajuan passport bisa dilihat disini

Nah semua surat2 tersebut harus disiapkan tuh, klo bisa sih dari rumah ya..jadi sampe kantor imigrasi langsung dikasihin tuh.

Nah abis diserahkan dokumennya kita nunggu untuk jadwal wawancara dan photo, dan aku dapet 1 minggu lagi nih buat wawancara dan photo, trus pulang deh....aku dari dateng sampe dapet jadwal wawancara Cuma butuh waktu 30 menit aja.

Buat cerita wawancara dan photonya aku akan ceritain nanti ya...

Saranku nih buat temen2 yang mau bikin passport dan tidak sedang terburu2 serta mau menghemat biaya ya mendingan bikin sendiri aja deh..atau kalo rumahnya sekitar tangerang/daan mogot/kali deres sih mendingan bikin di kantor imigrasi soekarno hatta aja biar ngantrinya gak panjang.



Semoga informasi ini berguna ya... 

No comments: