Sunday, November 30, 2008

Seserahan

Buat yang mau nikah biasanya rada bingung soal seserahan (sama kaya gw nie.. :D). Seserahan itu adalah simbol dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawabn ke pihak keluarga, terutama orang tua calon pengantin perempuan.
Seserahan biasanya diserahkan pada saat lamaran, namun tidak menutup kemungkinan untuk menyerahkannya pada saat akad nikah. Tanya sana sini yg udh berpengalaman, trus browsing beberapa milis wedding dan google akhirnya gw mendapatkan kesimpulan barang-2 apa saja yang harus disiapkan oleh pihak cowo ke pihak cewe, antara lain:

  • Baju: Bisa baju kerja, baju pesta, atau baju santai (bisa juga tiga2 nih, sekali lagi tergantung kesepakatan dua belah pihak :D)
  • Kain: Klo orang Jawa biasanya kain batik sidomukti yang bisa juga dipake untuk acara pernikahan. Kain ini melambangkan kesiapan calon penganting ke jenjang pernikahan.
  • Alat-2 mandi: Sabun, Shampoo, Body Lotion, Handuk dll
  • Make Up
  • Undies (pakaian dalam)
  • Seperangkat alat sholat (buat yang muslim)
  • Makanan: untuk orang jawa mesti ada yang lengket-lengket supata pasangannya lengket kaya perangko. Misalnya: Jadah, Makanan dari ketan, jangan lupa juga jajanan pasar dan buah. kadang ditambah juga dengan black forrest.
  • Pisang Raja satu tangkep plus sirih dan telur ayam
  • Perhiasan, Misalnay cincin sebagai pertanda atau bisa juga jam.

Daftar diatas sifatnya tidak mengikat, bisa disesuaikan dengan selera dan budget. Ada baiknya pada saat membeli keperluan untuk seserahan dilakukan berdua biar sama-2 puas. Barang-2 yang dibeli pun tidak harus bermerk atau mahal, karena untuk menikah saja membutuhkan dana yang tidak sedikit, jd urusan seserahan jangan sampe memberatkan.

biasanya seserahan diletak pada kotak-2 seserahan yang saat ini banyak dijual ditoko-2, seperti di Pasar Cikini atau Mayestik. Sekedar Tips, sebaiknya seserahan jangan dihias macam-2 seperti dibentuk bebek2an, atau bunga karena akan merusak kain karena selotip, jarum pentul dsb.

Jangan lupa, pihak cewe juga memberikan returning gift untuk pihak cowo. Biasanya dalam bentuk makanan saja. Namun apa bila ingin membalas seserahan pria dalam bentuk barang, seperti baju dll silahkan saja...

Semoga info diatas dapat membantu para capeng yang lagi sibuk mempersiapkan acara lamaran dan pernikahan :-)

No comments: